Sabtu, 15 Desember 2012

TANDA BATAS TANAH


Masyarakat pada umumnya mengenal dengan patok batas, tanda batas tanah pada dasarnya wajib dipasang dan dipelihara oleh pemilik tanah. Tanda batas tanah diberbagai daerah mempunyai ciri tersendiri seperti pohon batas (disebut Tawaang di wilayah adat Minahasa). Secara Nasional ketentuan yang mengatur tentang tanda batas, diatur dalam PP No.24 tahun 1997 tentang Pendaftaran tanah pada:
Pasal 17  : 
1)   Untuk memperoleh data fisik yang diperlukan bagi pen-daftaran tanah, bidang- bidang tanah yang akan dipeta-kan diukur, setelah ditetapkan letaknya, batas batasnya dan menurut keperluannya ditempatkan tanda-tanda batas di setiap  sudut bidang tanah yang bersangkutan 
2) Dalam penetapan batas bidang tanah pada pendaftaran tanah secara sistematik  dan pendaftaran tanah secara sporadik diupayakan penataan batas berdasarkan  kese-pakatan para pihak yang berkepentingan. 
3)  Penempatan tanda-tanda batas termasuk pemeliharaan-nya, wajib dilakukan oleh pemegang hak atas tanah yang bersangkutan. 
4)  Bentuk, ukuran, dan teknis penempatan tanda batas di-tetapkan oleh Menteri.

 
Pasal 18
(1)  Penetapan batas bidang tanah yang sudah dipunyai dengan suatu hak yang belum
 terdaftar atau yang sudah terdaftar tetapi belum ada surat ukur/gambar situasinya  atau surat ukur/gambar situasi yang ada tidak sesuai lagi dengan keadaan yang sebenarnya, dilakukan oleh Panitia Ajudikasi dalam pendaftaran tanah secara sporadik, berdasarkan penunjukan batas oleh pemegang hak atas tanah yang  bersangkutan dan sedapat mungkin disetujui oleh para pemegang hak atas tanah yang ber-batasan. 

(2)  Penetapan batas bidang tanah yang akan diberikan dengan hak baru dilakukan  sesuai ketentuan sebagai-mana dimaksud pada ayat (1) atau atas penunjukan instansi yang berwenang. 
(3)  Dalam menetapkan batas-batas bidang tanah Panitia Ajudikasi atau oleh Kepala Kantor Pertanahan memper-hatikan batas-batas bidang atau bidang-bidang tanah yang telah terdaftar dan surat ukur atau gambar situasi yang bersangkutan. 
(4)  Persetujuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dituangkan dalam suatu berita acara yang ditandatangani oleh mereka yang memberikan persetujuan

Tidak ada komentar: